Tips

Wajib tahu bagi yang akan membuat situs web

Selamat datang di paloegada.net. situs yang menyediakan apapun yang Anda inginkan.

Pada postingan kali ini saya akan membagikan pengalaman tentang bagaimana cara saya membangun situs web. Terutama situs ini. Situs yang menjadi mata pencaharian saya. Mudah – mudahan dapat bertahan lama ya. Mohon dukungannya.

Baiklah, langsung ke topik pembicaraan. Sebelum membuat situs web Anda harus tahu 3 komponen penting ini terlebih dahulu.

  1. Domain

Domain bagaikan alamat rumah Anda. Jika ada yang ingin ke rumah Anda. Harus tahu alamatnya terlebih dahulu. Semakin rumit alamat rumah berarti semakin susah untuk dikunjungi. Sebagai contoh alamat situs yang panjang atau dengan kata yang rumit “s1tus-@l4y.com” . dari hal itu orang akan sulit mengingat dan akan sulit pula di indeks oleh google. Alamat situs yang tidak relevan dengan isinya. Contoh, serbaserbisalak.co.id eh ternyata setelah masuk yang dibicarakan tentang kipas processor. Alamat situs harus sesuai dan mengena. Itulah sebabnya domain yang mengena biasanya sudah dimiliki orang lain. Akhiran domain juga harus jelas. Bukan yang aneh. Minimal buatlah domain .com .co .net atau yang lainnya sekiranya normal. Bukan yang berakhiran nyleneh.

  1. Hosting

Hosting adalah lapangan mentah untuk membangun rumah Anda. Anggap saja tanah lapang yang belum ada rumahnya. Dan itu milik Anda. Anda bebas akan membangun rumah apa saja di situ. Tetapi hosting mempunyai banyak permasalahan. Anggap saja ada tanah lapang yang ternyata sempit, tandus, atau miring. Hosting juga sama. Semakin baik hostingan semakin mahal juga. Tetapi menurut saya saat memilih hosting pastikan hal – hal berikut

  • Processor

Processor ini menentukan bagaimana kekuatan dari webmu. Semakin kuat processor berarti semakin stabil website Anda.

  • Entry proses

Ini adalah seberapa orang yang bisa mengakses website Anda secara bersamaan. Jika ada yang akan mengakses website melebihi entry proses. Maka dia harus menunggu atau gagal mengakses ke website Anda. Untuk perhatian ini adalah bagi yang sedang mengakses website. Sebagai gambaran sedang load website Anda. Bukan sedang mengunjungi website Anda dan tidak loading. Untuk pengunjung yang sedang tidak loading tidak dihitung entry proses.

  • Kecepatan

Ini adalah kecepatan keluar masuk situs Anda. Bisa dikatakan situs semakin cepat maka loading juga akan semakin cepat.

  • Ram

Ram menjadi penentu penuh dalam hal ini. Semakin besar ram maka website Anda akan semakin cepat dalam memproses sesuatu.

  • Bandwith

Batas maksimal website Anda bisa diakses.

Dari beberapa hal di atas itu yang kalian harus tahu, saya anggap database limit, email limit, dll sudah kalian mengerti. Dan lagi yang menjadi perhatian. Saya pernah membeli hosting dengan ram, entry proses, kecepatan, ram gede semua. Menjanjikan pokoknya. Setelah saya coba processor ternyata lemah. (kita tidak bisa mengetahui besar penggunakan processor kita, karena di situ hanya tertulis dalam bentuk percen). Saya mencoba bereksperimen. Apakah benar bisa diakses oleh banyak orang (entry proses 40 dan ram 1 gb). Ternyata 5 orang secara bersama – sama mengakses website. Proc mencapai batas 100% dan orang ke-6 gagal akses. Ini hanya tips saja agar kalian semua tidak tertipu promo hostingan.

  1. CMS

Ini adalah rumah Anda. Jika Anda sudah mempunyai alamat, tanah. Anda bisa membangun rumah Anda. Rumah Anda ya tergantung Anda bisa tidak membuatnya. Jika Anda orang yang mengerti cara membuat rumah Anda bisa membuatnya sendiri. Contoh ngoding sendiri website Anda. Tetapi jika Anda tidak begitu mengerti Anda bisa membangun rumah seperti perumahan. Yang sudah terbangun sendirinya. Tinggal kita mengisinya. Rumah yang seperti apa? Ya itu namanya CMS. Contoh beberapa CMS yang terkenal adalah wordpress, joomla dan drupal. Dari ketiga CMS ini Anda bisa membuat website apapun. Mulai dari situs jual beli, forum sampai situs blog. Kalo saya menggunakan wordpress karena CMS ini mempunyai banyak dukungan plugin dan theme. Tetapi kelemahannya CMS ini berat. Memakan banyak proses processor dan ram. Sehingga loading lambat.

Setelah Anda mengetahui hal di atas. Sekarang tinggal bagaimana situs Anda akan dibuat. Dimulai dari tema situs Anda dan bagaimana desainnya. Tetapi dalam pembuatan situs yang paling sulit adalah mengisi kontennya. Sangat susah untuk pengisian konten. Malas pastinya karena pada awalnya tidak ada gajian.

Ini adalah akhir dari postingan ini. Terima kasih sudah berkunjung dan jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: