codeigniter indonesia
Tutorial

CodeIgniter Indonesia 2

Apa itu Codeigniter?

 

CodeIgniter adalah sebuah web   application framework yang bersifat open source digunakan untuk membangun aplikasi php dinamis. Tujuan utama pengembangan Codeigniter adalah untuk membantu developer untuk mengerjakan aplikasi lebih cepat daripada menulis semua code dari awal. Codeigniter menyediakan berbagai macam library yang dapat mempermudah dalam pengembangan. CodeIgniter diperkenalkan kepada publick pada tanggal 28 februari 2006.

 

CodeIgniter sendiri dibangun menggunakan konsep Model-View-Controller development pattern. CodeIgniter senditi merupakan salah satu framwoerk tercepat dibandingkan dengan framework lainnya.  Pada acara frOSCon (August  2008), pembuat php  Rasmus Lerdorf mengatakan dia menyukai  codeigniter  karena  dia  lebih  ringan  dan  cepat  dibandingkan  framework  lainnya  ( “because it is faster, lighter and the least like a framework.”)

 

Apa sih Kelebihan CodeIgniter?

 

CodeIgniter sangat ringan, terstruktur, mudah dipelajari, dokumentasi lengkap dan dukungan yang luar biasa dari forum CodeIgniter. Selain itu CodeIgniter juga memiliki fitur-fitur lainya yang sangat bermanfaat, antara lain:

 

  • Menggunakan Pattern MVC. Dengan menggunakan pattern MVC ini, struktur kode yang dihasilkan menjadi lebih terstruktur dan memiliki standar yang jelas.
  • URL Friendly.  URL  yang  dihasilkan  sangat  url  friendly.  Pada  CodeIgniter  diminimalisasi penggunaan $_GET dan di gantikan dengan URI.
  • Kemudahan. Kemudahan dalam mempelajari, membuat library dan helper, memodifikasi serta meng-integrasikan Library dan helper.

Jika  kita  membandingkan  antara  CodeIgniter  dengan  framework-framework  lainnya  maka beberapa poin yang membuat CodeIgniter unggul adalah:

 

  • Kecepatan. Berdasarkan hasil benchmark CodeIgniter merupakan salah satu framework PHP

 

tercepat yang ada saat ini.

 

  • Mudah dimodifikasi dan beradaptasi. Sangat mudah memodifikasi behavior framework ini.

 

Tidak membutuhkan server requirement yang macam-macam serta mudah mengadopsi library lainya.

  • Dokumentasi lengkap dan jelas. Bahkan tanpa buku ini pun CodeIgniter sebenarnya telah menyediakan sebuah panduan yang lengkap mengenai CodeIgniter. Semua informasi yang anda butuhkan tentang codeigniter ada disana.
  • Learning Curve Rendah. CodeIgniter sangat mudah dipelajari. Dalam pemilihan framework hal ini sangat penting diperhatikan karena kita juga harus memperhatikan skill dari seluruh

anggota  team.  Jika  sebuah  framework  sangat  sulit  dipelajari  maka  akan  beresiko  untuk memperlambat team development anda.

 

 

CodeIgniter

 

CodeIgniter versi baru saja diluncurkan pada awal tahun 2016. Pada versi terbaru ini, terdapat banyak perubahan mendasar dari CodeIgniter daripada versi sebelumnya. Perubahan ini menjadikan CodeIgniter jauh lebih kaya dan matang dibandingkan framework lainnya. Perubahan itu diantaranya adalah:

 

  • Menghilangkan dukungan terhadap PHP4. PHP4 sudah tidak didukung oleh tim pengembang PHP, karena memberikan dukungan untuk PHP4 membuat CodeIgniter semakin ketinggalan dari segi fitur.
  • Menghilangkan fitur pluggin. Pluggin mirip dengan helper, bertujuan untuk menghilangkan kerancuan ini maka fitur ini dihilangkan pada CodeIgniter
  • Menghilangkan fitur scaffolding. Fitur ini nyaris tidak pernah digunakan dan implementasinya masih kurang bagus.
  • Penambahan library driver. Ini adalah library khusus dimana kita dapat membuat driver dari library yang telah kita buat.
  • Support query string dan command-line execution. Hal ini menjawab kesulitan-kesullitan yang dialami pada versi sebelumnya.
  • Penambahan library cache. Untuk meningkatkan kualitas aplikasi maka library cache baik menggunakan apc, memcached maupun file base.
  • Penambahan fitur package. Untuk mempermudah distribusi resource dalam sebuah folder.

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: