Cerita

Puncak Gunung Bawakaraeng

By @isra_hidayat93
Sedikit info….
Puncak Gunung Bawakaraeng merupakan salah satu puncak tertinggi di Sulawesi Selatan yang terletak di kabupaten Gowa kecamatan Tinggimoncong, Bawakaraeng memiliki arti Bawa artinya “mulut” dan Karaeng artinya “Tuhan atau Raja”. Gunung Bawakaraeng memiliki ketinggian 2830 MDPL dan merupakan puncak terdingin di Sulawesi Selatan, Gunung Bawakaraeng juga terkenal dengan hal-hal mistisnya dan sangat di sakralkan oleh warga setempat maupun warga sekitaran kabupaten Gowa, mereka percaya bahwa Gunung Bawakareng adalah tempat berkumpulnya para wali-wali Allah di Sulawesi Selatan dan mereka juga percaya bahwa puncak gunung Bawakaraeng dapat dijadikan sebagai tempat melaksanakan ibadah haji di bulan Zulhijjah sehingga orang yang melaksanakan ibadah haji di puncak gunung bawakaraeng akan dinamakan “Haji Bawakaraeng”. Dan di sepanjang jalur pendakian beberapa sesajen yang di simpan di bawah pohon-pohon besar.
Oke lgsg aja ya, sedikit berbagi cerita mistis nih min ,tepatnya di gunung bawakaraeng sulawesi selatan. Tepat tgl 5-3-2017 saya dapat telfon dari teman katanya dia lagi stres punya masalah keluarga katanya mau ditemenin pergi menenangkan pikiran nya, saya merekomendasikan untuk nanjak ke gunung bawakaraeng & dia setuju. Singkat cerita saya cuman ber2 saya & sul ,kami tiba di desa terakhir dikaki gunung tepat pukul 08.00 malam. Kami pun packing untk memulai pendakian dipos 0 sampai pos 2 aman” aja nah setelah masuk pos 3, disitu mulai aneh tepat jam 10 malam kami istiraht sejenak dan ndk lama lanjutkan perjalan tpi ndak tau kenapa tiba2 jalur ke pos 4 hilang kami cuman dapat rumput panjang yg tdk ada jejak langkah kaki kami smpai 4x brputar2 dit4 itu kami ndk temukan jalur & kami kembali ke pos 3 untuk menenangkan pikiran & istigfar. Ndak lama kemudian teman saya sul menyeter ke depannya & jalurnya pun kelihatan. Nah kami lnjutkan perjalan. Sekitar 1 jam lrbih brjalan saya mendengar ada bisikan” halus & kayak suara ketukan pintu yg menemani prjalan tapi ya saya hiraukan saja mungkin karena saya kecapean ,disepanjang prjalan kami cuman ber2 tdk ketemu pendaki lain. Se sampai dipos 4 ndk sengaja…. (Lanjut dikomentar ya)Se sampai dipos 4 ndk sengaja arah senter saya ke kuburan terus saya balik ke belakang melihat sul & dia juga ndk sengja senter itu kuburan, kami cuman diam”sja sambil jalan. Sebenarnya saya tau klau ada kuburan di pos 4 tpi sya sengaja tdk beritahu sul krna nanti dia takut jalan malam krna sul prtama kalinya nanjak digunung ini ,lanjut prjalanan perasaan sya tdk enk lgi wahh didepan sbelh kiri sya ada cwe berbaju putih rambut panjang bergelntungan dipohon tpi sya hiraukan itu kmi tetap berjalan tpi kali ini jalan sya agak cepat didlm hati sya ya allah kapan smpai ke pos 5 ,krna rencana kmi mau camp di pos 5 , nahh kmi istirahat sejenak krna kami lelah sekali disitu kta ngobrol biasa sja seolah tdk trjadi apa” wktu itu pkul mnunjukan jam 12 malam lewat kami melnjutkn prjalan alhamdulillah kami akhirnya smpai di pos 5 pda pukul jam 1 malam lewat ‘disitulah kmi baru cerita wahh ternya sul juga mendengar & melihat apa yg sya lihat dia kaget klau trnyata ada kuburan yg akan dilewati hahaha .paginya kami lanjut jalan sekitar jam 10 pagi ,singkat cerita kami smpai dipos terakhir untuk camp jam 5.30 sore lama banget yahh perjalanan.nya hehehe ,setelah dirikan tenda kami ngobrol biasa” sja dit4 camp dipos terakhir ndk trjadi apa”ko ,singkat cerita setelah kami summit tepat jam 9 pagi kta packing untuk kembali ke bawa kami ke sasar lagi di pos 9 kta baru sadar setelah smpai dipos 8 ko bedah yahh kemarin wktu prjalan naik pos 8 ada sungai sedangkan skrn di pos 8 ini tdk ada sungai wahh disitu kami mulai was was lagi ada apa lgi ini .. kmi memtuskan untuk naik kembali ke pos 9 stelah smpai ke pos 9 memang ada prcabangan tpi knapa wktu kmi turun tdk melihat sma sekali percabngan waktu itu sekitar jam 11 kmi turun & melewati jalur yg benar smpailah kta dipos 8 yg ada sungai kmi istirhat sejenak lalu melnjutkn prjalan singkat cerita kmi sampai dipos 3 kmi prhatikan jalur disitu jelas banget knapa pda saat kta naik ko bisa ndk kelihatan , lanjut prjalan kami tiba dipos 0 sekitar jam 06:30 malam dengan selamat alhamdulillah .konong kata warga kuburan yg ada di pos 4 pendaki cwe yg gantung diri disitu.. Sekian dari cerita saya min.. Selesai~