Cerita

Tersesat di Gunung Sindoro

Cerita Dari @rzkyprygaa_

Saya naik ke gunung Sindoro via kledung tanggal 9 november 2018 saya rombongan 3 laki laki 2 perempuan. Dan sudah ada teman saya yang menunggu di term mendolo 2orang yang bernama azmi dan lutvi , saya sampai di mendolo jam 15:00. Lalu saya menyewa pickup menuju kledung ,sampai kledung jam 16:40 saya ber7 langsung berpacking ulang dan sebagian bersih-bersih dan sholat. Saya dipercayai sbg ketua pendakian lgsg mengurus simaksi lalu berdoa bersama. Kondisi hujan gerimis kita baru keatas jam 17:15 lalu kami berjalan menuju pos1 tidak menggunakan ojek. Jam 18:30 ditulisan slmt dtg gn sindoro itu kami sudah merasakan hal mistis disitu perasaan mulai gaenak saya yg membuka jalurnya diblkg saya lutvi dan lutvi mengajak sholawatan lalu kami sholawatan dikarenakan perasaan yg mulai tidak enak ,lalu dijalan kami mendengar dr hutan kanan kiri seperti ada yg Berlari dan meswapadai kami lalu saya mikir apa saya sholawatan dia tidak suka lalu saya berhentikan shltwnnya. Saya tetep fokus liat kebawah lalu jam 19:30 saya sampai pos 1/2 kita istirahat diwarung. lalu nadia melihat dari semak seperti ada orang yg memantau dia ,lalu yg penjaga warung keluar dari belakang nadia menanyakan kebapak itu “saya kira bapak tadi disitu lantas bapak itu bingung saya saja baru datang dek” lantas saya mikir cobaan apa ini baru naik sudah diganggu saya tetap berfikir positif dan menenangkan teman teman saya. Lalu kita jalan lagi jam 20:00 menuju pos2 saya melewati pohon bambu seperti ada mengawasi kami ,teman saya cici meminta break saya bilang majuan dikit ditmpt luasan aja jgn ditrack karna kami seperti diawasi lalu break 2mnt kami jalan lg dan saya melihat nenek memakai tongkat kayu didepan saya seketika saya diam. saya blg ke rolan “lan gantian depan nih lalu dia mau mengganti posisi” saya dalam hati mengucap istigfar dan saya menengok kedepan sudah tidak ada lg nenek itu lalu lanjut jalan lagi. Saya diblkg bersama tegar dan azmi ,lalu sampai dipos2 jam set20:30 lalu kami bertemu dr rombongan solo yaitu om luki dan mba nita kami mengajak bareng. Kami naik menjadi ber9 Lalu lanjut jalan lagi kali ini yg membuka jalur yaitu rolan waktu pukul 20:45 “seketika rolan blg awas jurang dikanan jalan ngadep kekiri aja” saya menghitung ada 5/6jurang dan rolan bilang “tracknya kok turun lagi si?barusan naik terus turun lagi” seketika saya melihat kanan kiri kok ini pohon yang tadi ya?saya blg kerolan tetep jalan lan bener tracknya landai kok kmrn gua nntn youtube. kami ber7 perdana sindoro belom ada yg hafal track sini hehe ,saya dibuat muter 2jam lebih mau ke pos3 lalu om luki blg sbtr lg kita sampai pos3 nih waktu menunjukan jam 22:30 lalu kami mengejar waktu agar cepat sampai dicamp sunrise. Lalu tiba tiba menemui track yg berbatuan saya merangkak dikarenakan tanah yg licin dan batu besar dan sedikit pasir, lalu nadia meminta break sebentar dan melihat indah gn sumbing kami Memainkan kode senter ke gn sumbing lalu direspon balik dan kami mendengar dangdut jawa terus terusan dr pos 2. Dan akhirnya sampai dipos3 jam 23:20 kami mendirikan tenda dan ada yg memasak setelah itu kami beristirahat. waktu pukul 04:30 tegar bangun ia mendengar ada suara gamelan. Jam 06:30 kami summit kepuncak dan masih mendengar dangdut jawa itu saya kira saya doang ternyata semuanya dengar dan kami turun ke tenda jam 15:30 lalu makan dan packing ulang berdoa kembali dan turun jam 17:15 dan cuaca buruk hm hujan lantas saya mikir naik malam turun malam astga nyali saya seketika down. Lalu kami turun ber9 saya yg membuka jalur dan yg paling belakang lutvi ,adzan maghrib kami break lalu kami melewati area batu apa gitu mau menuju pos 2 dan saya melihat ada mbak kunti lagi duduk ditrack saya lalu panik saya blg ke azmi “mi depan dong tukeran” dia tidak mau dan tegar dan mbak nita tdk mau. Saya berfikir untuk balik lagi keatas dan teman saya sisanya tertinggal jauh dibelakang ,lalu ada pendaki lain saya meminta duluan alhamdulillah dihati saya lalu ternyata mbah kuad dan mbah putri. mereka melewati kami saya bilang “duluan mbah saya break sebentar” mbah putri lewat saya langsung jalan lagi dan jam 18:30 sudah dipos 2 saya menunggu rolan dkk lama sekali lalu om luki datang. saya menanya ke omluki “yg lain dimana om” “mereka diblkg td trash bag pecah” lalu ada team sar juga dipos2 habis menolong diatas ada yg keselo dan mbah kuad sholat maghrib saya menunggu rolan dkk. Dan saya menanya om luki “om kok udh dipos2 ya track batu yg kita sampe merangkak kemana dan kmn jurangnya?” lantas saya bingung dan dia juga bingung lalu kami terdiam ,dan sar sudah turun lg ,mbah kuad selesai shlt lalu mbah kuad ngajak jalan lgi ,lalu saya dan Azmi dkk blg nunggu rolan dipos 1/2. Baiklah saya turun bersama mbah kuad dan mbah putri saya ajak ngobrol mbah putri dan sampai di pos 1/2 jam 18:30 kami menunggu rolan dkk jam 20:30 mereka datang dngn muka pucat dan ketakutan lalu istirahat. Kami turun naik ojek sampai bc jam21:15 dibc kami bercerita tegar blg dipintu msk saya ngeliat tengkorak diatas ngeliatin kita dan yg di pos 1/2 ada sosok cowo muka item tp palanya muter sama lidah panjang yg liatin nadia. Nadia blg dicolek dipos2 arah naik ,dan saya cerita yg saya minta tukeran posisi itu nenek2 didepan saya yg melihat kuntilanak bukan saya saja tetapi temen saya jg ngeliat dan rolan “menceritakan pas turun dia ngeliat pocong tapi kain kafan kotor gitu” di area batu yg mau arah turun pos2 dan lutvi yg menjadi swiper dicolek tangannya dekat pohon gede. Nadia menceritakan dia nyenterin pala saya ada tengkorak hitam alhamdulillah kami bisa sampai bc dgn selamat.. Selesai~